Menu Home

Heavenletter – Kekhawatiran Menyita Terlalu Banyak Ruang

meadow-2225250_640

Heavenletter #3541 via Gloria Wendroff, dipublikasikan 5 Agustus 2010
Worries Take Up Too Much Room

Tuhan berkata:
Hidup seringkali mengurus dirinya sendiri. Kalian tidak harus hilir mudik mengkhawatirkan dan menyelesaikan masalah-masalah. Kekhawatiran adalah merajalela. Lepaskanlah kekhawatiran, dan lihatlah apa yang terjadi.

Sebenarnya bukan waktu yang menyelesaikan masalah-masalah, bukan juga ruang yang menyelesaikan masalah-masalah, namun adalah bijaksana bagi kalian untuk memberi izin kesulitan-kesulitan ruang dan waktu untuk membuat dirinya tidak penting.

Ada makna di mana kalian harus berhenti memegang hidup dan cara kalian berpikir tentang bagaimana itu seharusnya terjadi. Mungkin itu seharusnya tepat seperti apa yang terjadi sekarang. Besok itu akan agak lebih atau agak kurang dibanding hari ini, atau itu akan menjadi sesuatu yang lain. Besok atau hari lainnya akan membuat perubahan tampilan berbeda yang luar biasa.

Anak-anak Saya dipenuhi kesusahan. Kalian memikul muatan berat kecemasan. Jangan terlalu menjadi begitu dirundung kesusahan. Lepaskanlah sejumlah kekhawatiran kalian.

Jika kalian dapat menghitung kecemasan kalian di satu tangan, kalian sudah memiliki terlalu banyak kecemasan. Kecemasan membebani kalian, dan satu kekhawatiran menarik yang lainnya. Kekhawatiran-kekhawatiran besar melahirkan kekhawatiran-kekhawatiran kecil. Kekhawatiran menjadi seperti semak-semak berduri yang berisi kekhawatiran-kekhawatiran.

Apa yang begitu menarik tentang kekhawatiran? Haruskah kalian memeliharanya? Bagaimana jika kalian melepaskan semua kekhawatiran itu pergi? Kalian akan menjadi tidak khawatir. Dan itu mengkhawatirkan kalian. Apa jadinya kalian tanpa pemikiran, kecemasan dan kekhawatiran? Apa yang akan kalian lakukan dalam hidup tanpa kekhawatiran-kekhawatiran? Kalian sebegitu terbiasa dengan mereka, sepertinya mereka milik kalian, seolah-olah kalian harus memiliki mereka. Kekhawatiran bukanlah anak kalian. Kalian tidak perlu memeliharanya.

Bayangkanlah sebuah map akte khusus di mana kalian melempar kekhawatiran-kekhawatiran kalian dan kemudian kalian menghilangkannya. Tidakkah kalian di masa lalu kehilangan cincin-cinci dan surat-surat penting yang berharga bagi kalian? Sedemikian rupa kalian telah berhasil tanpa mereka. Jika kalian dapat kehilangan apa yang berharga bagi kalian, tidak dapatkah kalian menghilangkan apa yang merusak bagi kalian dan tidak berharga sama sekali?

Tidakkah kalian kehilangan kaus kaki di tempat cucian? Maka tempatkanlah kekhawatiran-kekhawatiran kalian dalam kaus kaki usang.

Robek-robeklah kekhawatiran-kekhawatiran kalian. Tempatkanlah mereka di keranjang sampah, dan bawalah sampah itu keluar. Atau bakarlah mereka dengan korek api. Atau injaklah mereka seperti puntung rokok yang habis di bawah kaki kalian. Tendanglah mereka pergi. “Pergi dari sini, kalian kekhawatiran-kekhawatiran lama. Saya sudah cukup dengan kalian. Keluar.”

Kemudian jangan habiskan waktu lagi untuk mencari kekhawatiran-kekhawatiran lainnya guna menggantikan yang sudah kalian buang atau hilangkan atau kalian lupakan.

Buatlah ruang dalam hati kalian untuk yang lebih baik dibanding kekhawatiran-kekhawatiran.

Kekhawatiran dan kebahagiaan tidak secara tepat bisa saling kompatibel (ditukar satu sama lain). Kekhawatiran-kekhawatiran menyita terlalu banyak ruang. Mereka mendesak kebahagiaan.

Jadilah lebih akrab dengan kebahagiaan. Sambutlah itu. Tatalah meja kehidupan kalian dengan kebahagiaan. Bukan hal yang benar bagi kekhawatiran untuk menarik taplak meja kebahagiaan tepat dari bawah kalian.

Lagipula, apa itu kekhawatiran, dan mengapa kalian bersikeras dalam mempunyai kekhawatiran-kekhawatiran, yang satu disusul yang lainnya? Jika saya berkata bahwa cangkir kalian meluap, bukan maksud Saya bahwa itu harus diisi dengan kekhawatiran-kekhawatiran.

Masukkan 10 sen ke bank untuk setiap kekhawatiran yang telah kalian lupakan, dan kalian akan menjadi orang yang kaya. Apa yang kalian lakukan adalah membiarkan kekhawatiran-kekhawatiran memakan kalian hidup-hidup. Mereka telah mendominasi terlalu banyak waktu dari kehidupan kalian. Mereka telah mengambil andil yang sangat besar.

Kalian membuang make-up yang lama. Sekarang buanglah kekhawatiran-kekhawatiran usang. Jangan lagi mengoleksi kekhawatiran-kekhawatiran. Jangan menumpuk mereka. Kekhawatiran-kekhawatiran eksis karena kalian menumpuknya. Kekhawatiran adalah seperti gerutuan. Kalian tidak harus memilikinya. Kalian tidak harus memberi mereka waktu dalam keseharian kalian dan tentu saja tidak memberi ruang dalam hati kalian. Kekhawatiran bukanlah cinta. Kekhawatiran-kekhawatiran adalah tali-tali yang menjerat kalian pada simpul. Saya membuka simpul-simpul itu sekarang.

 

diterjemahkan kosmosindo dari sumber http://heavenletters.org/worries-take-up-too-much-room.html

Categories: Allgemein

kosmosindo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: