Categories
Allgemein

Untuk Apa Saja Kalian Bisa Berterima Kasih Hari Ini?

thank-you-227344_640

Pembaca Kosmosindo Sayang,

bila seseorang bertanya tepat sekarang, 3 hal apa yang bisa membuat kalian berterima kasih pada hari ini?
Dapatkah kalian secara spontan menjawabnya…menyebut 3 hal tersebut?

Terus terang, 7 tahun lalu saat masih bekerja sebagai redaktur, saya akan sulit menjawab atau menyebutkan secara spontan 3 hal tersebut.
Pada waktu itu, karena kontrak kerja yang selalu tergantung dari perpanjangan setiap dua tahun, dan sangat mengharap dapat status pekerja tetap,
perhatian saya begitu terfokus pada mengejar status pegawai tetap itu. Ini membuat sepertinya, hidup hanya terdiri dari mengejar status pegawai tetap, dan bagian kehidupan lainnya tidak eksis.
Hal ini secara otomatis membuat saya tidak bisa melihat bagian-bagian lain dari kehidupan dan hanya baru akan puas jika dapat status pegawai tetap.
Ketika 2013 kontrak kerja tidak diperpanjang, yang berarti impian status pegawai tetap itu “sirna” dan karena tidak puas dengan status kontrak kerja freelance yang ditawarkan serta memilih berhenti, kehidupan tanpa mengejar karir menjadi fase baru dalam hidup saya.

Ya, beberapa bulan pertama tanpa kerja, saya rasanya memilih “mati” daripada hidup.
Tapi karena setelah beberapa bulan saya ternyata masih hidup terus, saya belajar menemukan cara untuk bisa kembali hidup, dalam makna hidup yang sebenarnya.

Salah satunya adalah dengan belajar menemukan hal-hal untuk berterima kasih setiap hari.
Hal-hal kecil yang dulu dianggap biasa, yang dianggap tidak ada pentingnya untuk menjadi alasan berterima kasih, mulai menjadi hal-hal yang saya tulis dalam buku harian terima kasih.
1. Bisa menikmati minum kopi di pagi hari
2. Mendengar suara kicauan burung
3. Melihat tupai kejar-kejaran di kebun
4. Punya energi membersihkan apartemen
5. Punya energi mencuci baju

Daftar berterima kasih itu setiap hari bertambah panjang dan semakin banyak yang bisa menjadi alasan berterima kasih.

Sampai dua tahun lalu, di buku harian terima kasih itu saya bisa menulis, terima kasih karena saya bisa bekerja lagi di dunia media dengan pekerjaan yang benar-benar sesuai dengan panggilan jiwa saya dan memenuhi hati saya dengan sukacita.

Mungkin ada yang bertanya: Kepada siapa saya berterima kasih? Saya berterima kasih kepada Tuhan, Alam Semesta, Para Malaikat, Keluarga Surgawi dan Galaktik, Ibu Bumi , kepada Hidup – karena Semua Adalah Satu. Dan dalam situasi sehari-hari, kepada siapa pun yang menimbulkan rasa berterima kasih, saya mengucapkan terima kasih. Kepada pelayan di toko, kepada seseorang yang membukakan pintu atau memberi saya kesempatan jalan lebih dulu, kepada pembersih gedung yang berhenti mengepel supaya saya bisa lewat dulu, kepada siapa pun. Dan kejadian sehari-hari seperti ini juga mengisi buku harian berterima kasih saya.

Dari pengalaman menemukan hal-hal untuk berterima kasih – setiap hari – itu sepertinya membantu saya lebih bersikap positif menjalani hidup, membantu mengurangi persepsi negatif terhadap hidup, mengurangi bersungut-sungut terhadap hidup, memberi lebih banyak hal-hal untuk merasa berterima kasih.

Tentu, hidup itu ibarat air laut pasang dan surut, tidak selalu suasana hati gembira setiap saat, ada juga masalah atau tantangan hidup yang dihadapi.
Tapi dengan membiasakan diri menemukan hal-hal untuk bisa berterima kasih, ini membantu saya meringankan pikiran dan hati, jika ada hal-hal yang tidak berjalan seperti yang diharapkan dalam hidup.
Dengan melatih menemukan hal-hal untuk berterima kasih, lebih mudah mengalihkan fokus perhatian dari hal-hal tidak memuaskan, yang menjengkelkan, mengecewakan, menyedihkan, kepada hal-hal yang bisa menimbulkan rasa terima kasih, menimbulkan rasa senang.

Berterima kasih bisa membawa keajaiban datang ke dalam hidup.

Berterima kasih adalah bagian dari cinta.

Apa saja yang membuat kalian bisa berterima kasih hari ini?

With Gratitude

kosmosindo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s