Menu Home

Mengenal Kalender dan Konsep Waktu Bangsa Maya

Pembaca kosmosindo sayang,

saya mengajak Anda mengenal the Mayan Calendar atau Kalender Maya. Siapa tahu ada di antara Anda belum mengenalnya dan ingin mengetahui hari lahir Anda berdasarkan penanggalan Maya.

Bangsa Maya, yang dikenal sebagai salah satu peradaban paling maju secara teknologi pada zaman mereka, mendiami wilayah Amerika Tengah dan selatan Meksiko. Prestasi mereka yang paling menonjol adalah sistem waktu mereka yang rumit, yang terdiri dari tiga kalender. Kalender-kalender ini dikenal sebagai Tahun Panjang, Tahun Matahari, dan Tzolk’in. Kalender Tahun Panjang digunakan untuk mengukur periode waktu yang lama dan bertanggung jawab atas prediksi 2012. Tahun Matahari adalah kalender yang paling mirip dengan kalender Gregorian/Masehi kita; Kalender Tzolk’in terdiri dari hanya 260 hari dan sebagian besar digunakan untuk tujuan keagamaan (spiritual). Kalender ini masuk ke dalam pengamatan seksama pada 2012, sebagian karena penggambaran media tentang prediksi “apokaliptik” atau akhir dunia. Namun, setelah 2012 datang dan berlalu tanpa insiden, sejarawan mulai mencari arti sebenarnya dari mengapa sistem kalender Maya berakhir pada tanggal itu.

Tinjauan Singkat

Bangsa Maya adalah peradaban yang sangat religius/spiritual yang tersebar di sekitar Belize, El Salvador, Honduras, Guatemala, dan wilayah selatan Meksiko masa kini. Mereka dikenal baik karena kemajuan mereka dalam astronomi, matematika, dan penulisan. Mereka paling dikenal karena dua kalender mereka; satu mengikuti tahun matahari dan satu mengikuti tahun sakrall 260 hari. Tahun sakral digunakan untuk alasan keagamaan dan untuk menamai anak-anak. Itu terdiri dari tiga belas bulan; masing-masing dengan 20 hari. Tahun Matahari adalah tahun yang paling kita kenal dan masih dipraktikkan sampai sekarang. Kalender ini terdiri dari 365 hari dibagi menjadi 18 bulan masing-masing dengan 20 hari. Ini selanjutnya dibagi menjadi siklus yang dikenal sebagai Katun (sekitar 19,7 tahun), Baktun (sekitar 395 tahun atau 20 katun), Pictun (sekitar 789 tahun atau 20 baktun), Calabtun (biasanya sekitar 158.000 tahun atau 20 pictun) dan Kinchiltun (yang adalah sekitar 3,16 juta tahun atau 20 calabtun).

Konsep Waktu

Untuk mengikuti periode waktu yang panjang, bangsa Maya mengembangkan apa yang dikenal sebagai Kalender Panjang. Fungsi utama Kalender Panjang adalah untuk mengikuti apa yang oleh orang Maya disebut “Siklus Besar”, yang kira-kira 13 baktun dan dianggap sebagai usia rata-rata dunia. Untuk menandai saat-saat penting dalam waktu, bangsa Maya menciptakan Glif (simbol) yang menandai awal suatu era atau cerita. Glif ini kemudian diukir di batu dan ditempatkan di daerah-daerah suci. Tiga batu pertama konon diletakkan oleh tiga Dewa Maya. Selain itu, mereka memiliki nama untuk setiap hari kecuali lima hari terakhir pada bulan terakhir. Hari-hari ini dianggap tidak beruntung dan hanya disebut sebagai xma kaba kin yang berarti “hari-hari tanpa nama.” Hari-hari ini datang dari para pimpinan agama (spiritual) yang mengubah jumlah hari dalam satu siklus dari 20 menjadi 18, karena alasan religius tertentu.

Tzolkin

Tzolkin atau Tzolk’in adalah nama resmi untuk kalender religius/spiritual Maya yang terdiri dari 260 hari; Masing-masing hari memiliki nama dan nomor dari satu hingga tiga belas. Itu terutama digunakan untuk praktik religius/spiritual, prediksi, dan bahkan penamaan bayi. Ketika seorang bayi bangsa Maya lahir, dia akan diberi nama yang sesuai dengan tanggal lahir mereka. Tzolk’in diwakili oleh tiga gugusan angka yang saling berhubungan yang berkorelasi dengan tahun, bulan dan hari. Orang-orang Maya modern masih menggunakan sistem ini hari ini untuk menandai acara-acara khusus seperti pernikahan, upacara keagamaan, liburan dan penobatan.

Tzolkin menjadi dasar kalender Dreamspell, istilah untuk kalender Bangsa Maya saat ini.
Setiap hari dalam kalender Dreamspell ditandai oleh karakter energi tertentu pada hari tersebut, yakni Kin. Ini terdiri dari dua bagian. Sebuah segel (seal) dan sebuah nada (tone). Ada 20 segel yang berbeda dan 13 nada. Dari situ terdapat 260 kombinasi.

Sebuah Kin dapat dibandingkan dengan zodiak dan Ascendent kita. Tepat seperti Zodiak, Kin pada saat Anda dilahirkan menjadi unsur sifat penentu hidup Anda selama masa kehidupan ini.
Berdasarkan penanggalan Maya, Kin saya adalah Red Electric Serpent (segel/seal), dengan nada (tone) 3.

Nah jika ingin tahu apa Kin Anda berdasarkan penanggalan Maya silakan entri data lahir (tanggal, bulan dan tahun) dalam link berikut. Catatan: Kedua link di bawah ini, sudah saya buktikan sesuai penghitungannya berdasarkan penanggalan Maya, karena ternyata ada link/website tentang kalender Maya, yang penghitungan atau hasil Kin-nya sangat berbeda dengan kalender Maya yang selama ini saya kenal.

https://www.spacestationplaza.com/kin.php

atau

https://maya.nmai.si.edu/calendar/maya-calendar-converter

Diterjemahkan dan diolah kembali oleh kosmosindo dari sumber https://www.timecenter.com/articles/the-mayan-calendar-and-concept-of-time/

Love and Light
kosmosindo

sumber gambar Pixabay

Categories: Allgemein

kosmosindo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: